Pemanfaatan Multimedia Bidang Bisnis
PEMANFAATAN MULTIMEDIA DALAM BISNIS
Pengimplementasian
multimedia dalam lingkup bisnis mencakup presentasi, pelatihan, marketing,
periklanan, demo produk, database catalog dan komunikasi jaringan. Voice Mail
dan Video Confrence dalam waktu dekat ini akan tersedia dibanyak LAN (Local
Area Network) dan WAN (Wide Area Network).
Dengan demikian utuk mengurangi presentasi dan OHP (Overhead Proyektor) yang
disampaikan dari sebuah divisi penjualan, akan segera digantikan oleh
presentasi multimedia yang penuh dengan variasi. Para manajer dapat
mempresentasikan ide-idenya lebih dari sekedar teks biasa dan menarik perhatian
atasannya.
Pelatihan
SDM (Sumber Daya Manusia) dapat menjadi lebih hidup dan imajinatif :
-Seorang
mekanik dapat mempelajari cara kerja mesin tanpa harus dilumuri oli.
-Pramugari
dapat belajar mengatasi para pembajak melalui suatu simulasi multimedia.
-Para
penjual dapat mendemonstrasikan produk perusahaannya tanpa harus membawa produk
aslinya, tetapi tetap memberikan gambaran yang sama hebatnya.
Jika
semakin banyak perusahaan dan masyarakat bisnis yang menggunakan kemampuan
multimedia, biaya instalasi multimedia menjadi berkurang, akan banyak aplikasi
yang dibuat baik oleh divisi perusahaan itu maupun oleh pihak ketiga yang pada
akhirnya mengakibatkan proses bisnis menjadi semakin efisien.
Keungulang
bersaing perusahaan, sesungguhnya adalah keunggulan komunikasi sehingga masalah
dalam bersaing adalah masalah dalam berkomunikashi. Strategi positioning
sesungguhnya adalah strategi komunikasi. Periklanan merupakan bentuk komunikasi
dari sudut pandang penerima. Jika berhasil dalam periklanan, kemungkinan akan
berhasil dalam bidang bisnis atau aktifitas lain yang membutuhkan komunikasi
massa. Dan multimedia berperan penting dalam periklanan.
Untuk
menguasai multimedia harus dimulai dengan definisi multimedia. Dalam industri
elektronika, multimedia adalah kombinasi 3 elemen, yaitu audio, picture, and
teks . Multimedia adalah kombinasi paling sedikit 2 media input
atau output dari data, media ini dapat berupa audio, animasi, video, teks,
grafik dan gambar. Multimedia adalah alat yang dapat
menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks,
grafik, animasi, audio dan gambar video. Multimedia
adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik,
audio, gambar, video, and animasi dengan menggabungkan link dan tool yang
memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan
berkomunikasi. Untuk mengenal lebih jauh mengenai multimedia
silahkan anda baca The History of Multimedia.
Multimedia
mempunyai peranan penting dalam bidang bisnis karena dipakai sebagai alat untuk
bersaing perusahaan. Multimedia memiliki kelebihan untuk menarik indera dan
minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara, dan gerakan.
Multimedia dipakai oleh perusahaan dunia menyediakan material pemasaran kepada
dealernya yang akan mengiklankan di news letter, televisi atau internet. Maka
multimedia sangat efektif , menjadi tool yang ampuh untuk meraih keunggulan
bersaing perusahaan.
Contoh Multimedia Dalam Bidang Bisnis Adalah:
Mata Kuliah Desain Multimedia
D III . X Teknik Informatika
Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut
Perguruan Tinggi Kedinasan
Dosen Titik Lusiani
Salam Luar Biasa,{104805,Eko Sulistyono}
Email : ( ekosulistyono82@gmail.com )
wah bermanfaat banget mas *****
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusInfonya bermanfaat...terima kasih
BalasHapusInformasi yang menarik...
BalasHapusBagus.... Salam super....
BalasHapusCocok untuk yang berjiwa bisnis,
BalasHapusMenambah pengetahuan
Cocok untuk yang berjiwa bisnis,
BalasHapusMenambah pengetahuan
informasinya sangat membantu.... mksh....
BalasHapusJos gandos bang
BalasHapusMantapsssss
BalasHapusMantap jossssss
BalasHapusjossssssssssss,,,luar biasa....
BalasHapus